Kriteria blog yang baik

Kaya apa sih blog yang baik itu? Postingan kali ini gw pengen ngebahas tentang kriteria blog yang baik. Menurut gw sih blog yang baik tu punya kriteria antara lain :

Pertama; Blog tersebut mudah dan cepat sewaktu diakses/dibuka. Jujur aja, gw paling males berkunjung ke blog orang yang kebanyakan widget. Yang pasang MP3 lah, inilah itulah, mampus deh hehehe.... Cus ngakses blognya serasa buka suatu program di komputer pentium satu, lama bener.

Kedua; blog mempunyai layout, warna, bentuk dan tipografi yang menarik, dan mata kerasa nyaman waktu melihatnya. Inget, grafik yang dipasang pada blog emang menarik dan bikin indah tampilan tapi sadar ga sadar sebenernya grafik bisa juga memperlambat akses dengan semakin besarnya file.

Ketiga; Postingan didalam suatu blog haruslah menarik, relevan, dan juga pantas untuk target pengunjung blog tersebut. Pake gaya penulisan dan bahasa sesuai dengan blog dan target pengunjung. Usahakan blog selalu up to date dengan postingan2 terbaru. Cuz hal ini akan meningkatkan daya lekat blog yang membuat pengunjung sering kembali. Kalo kekurangan bahan buat di posting, silahkan aja cari sumber diblog/situs lain. Copy paste sah aja, ga masalah selama menyertakan informasi dari mana sumber postingan itu didapat/diambil. Bagusnya sih ditulis ulang lagi dengan bahasa dan gaya sendiri.

Keempat; Blog harus kompatibel dengan berbagai browser yang ada. Jangan sampe ada bagian blog (biasanya bagian sidebar pada template yang menggunakan multikolom/3 kolom) yang terlihat turun kebawah alias ga sama tinggi.

Kelima; Kurangi menggunakan widget/content yang menggunakan javascript, Karena terkadang ada browser yang dimatikan/dinonaktifkan fungsi javascript nya. Kalo udah kaya gitu, fatal! Bisa bubar semuanya. Boleh aja pake widget/content yang mengandung javascript didalamnya, tapi jangan kebanyakan. Bagusnya sih dipikir aja dulu efeknya apa kalo blog lo harus berhadapan dengan browser yang dimatikan/dinonaktifkan fungsi javascript nya.

Keenam; Nah ini nih masalah loading time. Sebuah blog yang tampil lebih cepat kemungkinan besar akan kembali dikunjungi apalagi kalo postingan didalamnya dan tampilannya menarik. Kalo blog pake grafik, jaga grafik agar berukuran kecil. Faktor utama agar blog cepat loadingnya adalah dengan meminimalkan pemakaian image, memperkecil ukuran halaman blog, kurangi juga penggunaan content/widget yang mangandung banyak javascript. Kita cuma punya waktu 7-8 detik untuk meyakinkan pengunjung tidak menutup browser atau malah beralih (pindah) ke blog lain. So, dalam rentan waktu 7-8 detik itu letakkin sesuatu dilayar, dan sesuatu itu haruslah menarik.

"April 1999 hasil penelitian yang dilakukan Zona Research menyebutkan bahwa 80% pengunjung akan menutup browser apabila halaman web yang ia buka ga tampil dalam 7-8 detik. Dan penelitian Jupiter Media Metrix ditahun 2001 mengatakan bahwa 40% pengunjung akan kembali mengunjungi situs yang tampil lebih cepat."

Jadi, apa yang terjadi apabila :
1. Sebuah blog dalam 7-8 detik ga tampil dibrowser ketika dibuka.
2. Blog tersebut mudah dan cepat tampil dibuka pada browser ketika dikunjungi.

Btw, ada yang berminat ngasih tambahan kaya apa kriteria blog yang baik? atau sekedar komentar. Silahkan, biar kita bisa share bareng. Maju terus blogger indonesia.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Kriteria blog yang baik"

Posting Komentar

Thanks Yaa