Tips melakukan Update Avira Antivir

Avira merupakan salah satu antivirus yang terbaik termasuk versi freewarenya. Sebenarnya semua antivirus cukup bagus jika kita tetap rutin melakukan update database antivirus-nya. Nah tetapi permasalahan yang paling banyak dijumpai dalam hal update secara online adalah sering kali mengalami kegagalan walaupun koneksi internet kita sudah optimal. Jika begini tentu saja cara yang paling ampuh adalah melakukan update secara manual.

Untuk melakukan update secara manual kita sebaiknya mengenal beberapa istilah dan cara dalam melakukan update. Berikut ini saya akan mengajak rekan-rekan untuk mengenal sedikit tentang seluk beluk dari update avira.

Automatic Update
Automatic Update adalah Update otomatis lewat internet. Hal ini secara otomatis dilakukan oleh avira disaat kita baru menghidupkan PC. Setiap rentang beberapa saat avira akan melakukan pengecekan ke servernya. Jika avira belum melakukan peng-update-an, kita dapat melakukannya sendiri. Tinggal klik kanan icon tray dan pilih menu Start Update maka Avira akan otomatis update atau melalui tampilan di halaman utama, pada menu Update -> kemudian pilih Start Update.


Manual Update

Manual Update adalah update yang dilakukan secara offline dengan mendowload database definition virus dari situs yang bersangkutan. Dimana url untuk mendownloadnya ? Sekarang buka browser yang kita miliki, kemudian kunjungi situs http://www.avira.de/en/support/vdf_update.html. Atau langsung download aja melalui download manager dari alamat :

http://dl.antivir.de/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip
http://dl1.avgate.net/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip
http://dl2.avgate.net/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip

Bagaimana Cara update secara Manual ?

Jika file tersebut telah selesai di download dan pastikan tidak ada error/rusak, maka update bisa dilakukan dengan membuka Main Menu Avira ( Double klik icon di system tray atau klik kanan iconnya dan pilih menu “Start Antivir”). Setelah terbuka, pilih menu Update > Manual Update. Kemudian cari letak dimana file ivdf_fusebundle_nt_en.zip yang telah kita download tadi. Lalu pilih Open. Tunggu proses sampai selesai. Jika tidak ada gangguan, avira kita kembali up to date. Bila ada kegagalan coba direstar komputer anda, lalu ulangi proses diatas.

Jika update dengan cara-cara diatas masih saja gagal, maka coba alternatif berikut :
Extract file update diatas (ivdf_fusebundle_nt_en.zip) di folder baru
Buka Run (Start Menu > Run ), tulis services.msc dan tekan enter atau klik OK Akan ditampilkan window “Services”.
Ada 2 Services Antivir yang ada, yaitu : AntiVir PersonalEdition Classic Guard dan AntiVir PersonalEdition Classic Scheduler
Klik kanan dan pilih Stop. Jika menunya tidak aktif, maka Klik kanan dan pilih Properties kemudian bagian Startup type pilih Disabled. Dua-duanya lakukan hal yang sama.
Restart Komputer
Setelah itu, copy semua file hasil extract file update di folder instalasi Avira, tumpuk saja file yang lama. Biasanya berlokasi di C:\Program Files\Avira\AntiVir PersonalEdition Classic
Jika sudah selesai, Kembali jalankan (start) 2 services Antivir diatas (pilih Startup type Automatic kemudian restart komputer.

sumber :www.pcguru.okihelfiska.net

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Tips melakukan Update Avira Antivir"

Posting Komentar

Thanks Yaa